Awan, Soni Harsono (2014) Negara Asal Merek (Country of Origin) dan Hubungannya dengan Persepsi Kualitas Serta Kepercayaan Pada Merek Produk Sepatu Olah Raga. Forum Manajemen Indonesia 6 Enterpreneural Management. p. 268. ISSN 2407-0548
|
Text
13_sertifikat FMI Medan 001.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
14b_abstrak FMI_Turnitin.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Peer Review 14 Negara Asal Merek .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
14a_2014-proseding FMI 6.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
full paper_soni harsono.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Banyak produk yang selalu dievaluasi dan dihubungkan dengan negara asal merek (Country of Origin) sebagai faktor pembeda yang potensial pada pasar di masing-masing negara. Oleh sebab itu citra dan mutu yang mengindikasikan persepsi kualitas serta identitas merek perlu untuk selalu dipertahakan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan mengasosiasikan sebuah merek dengan negara asalnya (country of origin) yang bisa menambah kepercayaan konsumen akan sebuah produk, bahan produk atau kapabilitasnya yang dapat mempengaruhi ekuitas merek. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh negara asal merek (country origin) terhadap persepsi kualitas dan kepercayaan masing-masing merek sepatu dan apakah ada perbedaan negara asal merek (country of origin) pada persepsi kualitas dan kepercayaan pada masing-masing merek sepatu. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanotori yang bertujuan menguji serta menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sepatu olah raga (klub bulutangkis dan basket) merek Yonex, Li Ning, Victor, Reinforce Speed (RS) dan League di Surabaya sebanyak 125 responden.Teknik analisis data dengan menggunakan regresi sederhana dan uji beda, data diolah dengan SPSS 18. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh negara asal merek (country of origin) terhadap persepsi kualitas dan kepercayaan pada produk sepatu olah raga dengan arah hubungan positif. Nilai p value 0,450 > 0,05 (α) untuk persepsi kualitas dan nilai p value 0,275 > 0,05 (α) untuk kepercayaan, serta rata-rata nilai persepsi kualitas dan kepercayaan menunjukan lima merek sepatu adalah identik (tidak terdapat perbedaan).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 - TECHNOLOGY > 650 - 659 MANAGEMENT & PUBLIC RELATIONS > 658 - GENERAL MANAGEMENT > 658.8 - MANAGEMENT OF MARKETING |
Divisions: | Lecturer |
Depositing User: | Dr. Drs., SONI HARSONO AWAN |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 02:12 |
Last Modified: | 28 May 2022 04:18 |
URI: | http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/7272 |
Actions (login required)
View Item |