Pengembangan Keunggulan Bersaing Bank Melalui Derrived Brand Community Pada Kelompok Nasabah Knowledgable

Lindiawati, Lindiawati (2022) Pengembangan Keunggulan Bersaing Bank Melalui Derrived Brand Community Pada Kelompok Nasabah Knowledgable. Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1. artikel utk repository UHW Perbanas-Lindi.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Kajian berbasis teori ini dilakukan untuk mengembangkan model komunitas merek suatu bank yang notabene berada dalam industri yang mendasarkan pada bisnis kepercayaan atas asset nasabah. Karenanya nasabah harus dijaga konfidensialnya. Nasabah sendiri juga akan menjaga konfidensial mereka dengan tidak berada dalam kelompok yang memungkinkan salin bertemua secara fisik dalam dalam kaitannya dengan produk bank langsung. Namun dari sisi bank, mempertahankan keteribatan nasabah spesifik yang berpotensi memebri kontribusi kuat bagi bank sangat penting. Keterikatan tersebut umumnya muncul karena berada dalam satu komunitas. Namun karena karakteristik seperti yang dijelaskan di atas, makan bank mengkondisikan nasabah spesifik dari kelompok profesi tertentu (nasabah knowledgeable) untuk dimasukkan dalam komunitas yang keberadaannya bukan karena produk bank, tetapi karena kontribusi nasabah pada masyarakat yang diakomodir oleh bank. Dengan demikian bank akan mendapat dukungan dan keeratan hubungan dengan nasabah knowledgeable yang selanjutnya dapat loyal pada bank . Hal ini merupakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainable competitive advantage). Karenanya bank harus mengidentifikasi dan menganalis kondisi nasabah dengan menggunakan konsep stakeholder analysis yang didukung dengan resource-based view (RBV) serta Value Chain Analysis (VCA) untuk dapat terbangunnya sustainable competitive advantage. Kata Kunci: Keunggulan bersaing (competitive advantage), komunitas merek (brand community), derrived brand community, Nasabah knowledgeable

Item Type: Other
Subjects: 300 - SOCIAL SCIENCE > 330 - 339 ECONOMICS > 332 - FINANCIAL ECONOMICS > 332.12 - BANKS & BANKING
Divisions: Lecturer
Depositing User: LINDIAWATI LINDIAWATI
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:58
Last Modified: 30 Aug 2022 07:58
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/9562

Actions (login required)

View Item View Item