IBM Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Peningkatan Karya Tulis Ilmiah di Kelurahan Sedatigede Kabupaten Sidoarjo

Djuwari, Djuwari and Budiana, Kartika Marta and Hudiwinarsih, Gunasti IBM Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Peningkatan Karya Tulis Ilmiah di Kelurahan Sedatigede Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM UNTAG Surabaya, 3. pp. 1-24. ISSN 2407-7100

[img]
Preview
Text
Ibm Peningkatan KTI untuk Guru Sedati.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review_LPPM Untag_2018_Marta.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Sedatigede 1 dan 2 terletak di Kabupaten Sidoarjo yang ditetapkan untuk mengimplementasikan kurikulum K-13, namun kendala terbesar yang sedang dihadapi sekolah ini adalah kemampuan guru-guru masih terbatas dan keterbatasan sarana prasarana khususnya buku ajar atau sumber bacaan bagi siswa didik. Â Kondisi lain yang dihadapi adalah terbatasnya Karya Tulis Ilmiah yang berupa penelitian tindakan kelas, buku ajar, artikel dan karya tulis lainnya yang disusun oleh guru-guru. Kegiatan pengabdian masyarakat (IbM) yang dilakukan berupa pelatihan artikel ilmiah, pendampingan penulisan Karya Tulis Ilmiah, pelatihan publikasi yang diikuti guru-guru SDN, penyediaan sarana dan prasarana, serta penerbitan Karya Tulis Ilmiah yang ber-ISBN. Hasil kegiatan IbM menunjukan bahwa peranserta dan dukungan mitra dalam aktivitas penulisan artikel sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan keterlibatan Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo yang ikut menghadiri dan membuka acara pelatihan karya tulis ilmiah yang dihadiri 103 guru SD dari 10 Sekolah Dasar Kecamatan Sedati Kecamatan Kabupaten Sidoarjo. Jumlah artikel atau karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh para guru adalah sejumlah 29 artikel. Jumlah ini telah melampaui target awal, sebanyak 16 artikel.

Item Type: Article
Subjects: 000 - COMPUTER SCIENCE, INFORMATION, GENERAL WORKS
Divisions: Lecturer
Depositing User: KARTIKA MARTA BUDIANA
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:44
Last Modified: 28 Dec 2020 02:44
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item