Customer Relationship Management melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bisnis Online

Rithmaya, Chitra Laksmi and Kholid, Ikhwan and Tianto, Reza (2023) Customer Relationship Management melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bisnis Online. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, Aceh.

[img]
Preview
Text
2. Hasil Turnitin Customer Relationship Management melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bisnis Online.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari customer relationship management terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh orientasi pasar dan inovasi organisasi. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan pada 50 responden pelaku UMKM di Surabaya. Penentuan reponden menggunakan metode quota sampling. Variabel yang dianalisis yaitu customer relationship management, orientasi pasar, inovasi organisasi, dan kinerja pemasaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial, customer relationship management berpengaruh signifikan dan positif terhadap orientasi pasar, kinerja pemasaran, dan inovasi kerja; serta bahwa orientasi pasar dan inovasi organisasi bepengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pemasaran. Hasil lain yang diperoleh adalah inovasi organisasi terbukti mampu memediasi pengaruh customer relationship management terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar juga terbukti mampu memediasi customer relationship management terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Inovasi Organisasi, Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar.

Item Type: Other
Subjects: 300 - SOCIAL SCIENCE > 330 - 339 ECONOMICS > 332 - FINANCIAL ECONOMICS > 332.17 - BANKING SERVICES
Divisions: Lecturer
Depositing User: CHITRA LAKSMI RITHMAYA
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:36
Last Modified: 10 Jun 2024 06:36
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item