Apakah Cyberloafing Mempengaruhi Kinerja Dosen di Indonesia?

Ilham, Romi and Ulum, Achmad Saiful and Siregar, Cantika Sari (2021) Apakah Cyberloafing Mempengaruhi Kinerja Dosen di Indonesia? Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 6 (2). pp. 162-178. ISSN 2502-3780

[img]
Preview
Image
Turnitin JPIM.png

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel JPIM_Turnitin.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER_REVIEW_JPIM_ULUM.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Teknologi internet saat ini sudah dirasakan oleh berbagai pihak, seperti maraknya media sosial, youtube dan instant messenger. Hal tersebut berdampak pada perilaku kerja dosen yang inovatif. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Indonesia melalui penerapan Indeks Sains dan Teknologi (SINTA) mencatat hanya 1.551 dari 4.200 guru besar dan 2.517 dari 17.133 Guru Besar Madya yang lulus persyaratan publikasi. Oleh karena itu penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh cyberloafing terhadap perilaku innovative works behaviour (IWB) dan bagaimana pengaruh terhadap kinerjanya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dengan jumlah sampel 230 responden dosen dan analisis menggunakan algoritma SEM-PLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa cyberloafing secara positif memoderasi IWB terhadap kinerja penelitian dosen, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet yang salah berdampak pada rendahnya penelitian dosen. Kata Kunci: Cyberloafing, innovative works behavior, lecturer performance

Item Type: Article
Subjects: 600 - TECHNOLOGY > 650 - 659 MANAGEMENT & PUBLIC RELATIONS > 658 - GENERAL MANAGEMENT
Divisions: Lecturer
Depositing User: Achmad Saiful Ulum
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:03
Last Modified: 16 Sep 2022 08:41
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item View Item