Strategi Membangun E-Banking, Experiential Marketing, Customer Value Untuk Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah BNI 46

Rithmaya, Chitra Laksmi (2024) Strategi Membangun E-Banking, Experiential Marketing, Customer Value Untuk Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah BNI 46. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Surabaya.

[img]
Preview
Text
7. Strategi Membangun Ebanking Service.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

To win the current competition between banks, each bank tries to always improve its services, including the use of e-banking which aims to provide comfort and convenience in transactions to its customers. This study aims to explore the impact of e-banking, experiential marketing, and customer value strategies on customer loyalty by through satisfaction of BNI 46 Syariah customers in Surabaya. The research population comprises of BNI 46 Syariah customers, with a purposive sample of 300 customers who have maintained accounts for at least five years. Path analysis is employed to test six hypotheses, with e-banking services, experiential marketing, and customer value as exogenous variables, customer satisfaction as an intervening variable, and customer loyalty as the endogenous variable. The findings indicate that: (1) e-banking services affect customer satisfaction; (2) experiential marketing affects customer satisfaction; (3) customer value affects customer satisfaction; (4) e-banking services affect customer loyalty; (5) customer value affects customer loyalty; (6) customer satisfaction affects customer loyalty. Keywords: e-banking services, experiential marketing, customer value, customer loyalty, customer satisfaction. ABSTRAK Untuk memenangkan persaingan antar bank yang ada saat ini, masing-masing bank berusaha untuk selalu meningkatkan layanannya, antara lain adalah dengan penggunaan e-banking yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransasi kepada nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi e-banking, experiential marketing, dan customer value terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah BNI 46 Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BNI 46 Syariah di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 300 nasabah yang telah menabung di BNI Syariah minimal lima tahun. Untuk menguji keenam hipotesis tersebut digunakan analisis jalur dalam penelitian ini. Variabel eksogen dalam penelitian ini menggunakan layanan e-banking, experiential marketing, serta nilai pelanggan. Variabel intervening adalah kepuasan pelanggan. Variabel endogen adalah loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari hasil akhir penelitian adalah: (1) Layanan E-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah; (2) Experiential marketing mempengaruhi kepuasan pelanggan; (3) Nilai pelanggan mempengaruhi kepuasan pelanggan; (4) layanan e-banking mempengaruhi loyalitas nasabah; (5) nilai pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan; (6) kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Kata kunci: layanan e-banking, experiential marketing, nilai pelanggan, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan 3-5 kata kunci. PENDAHULUAN Dalam dunia modern sekarang ini, peranan bank dalam memajukan suatu negara sangatlah besar, hampir semua sektor yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa perbankan. Oleh karena itu, saat ini dan di masa yang akan

Item Type: Other
Subjects: 300 - SOCIAL SCIENCE > 330 - 339 ECONOMICS > 332 - FINANCIAL ECONOMICS > 332.17 - BANKING SERVICES
Divisions: Lecturer
Depositing User: CHITRA LAKSMI RITHMAYA
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:38
Last Modified: 10 Jun 2024 06:38
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item