Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan dan Pengungkapan CSR Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Febita, Gyzza Tiara and Sarwendhi, Rezza Arlinda (2024) Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan dan Pengungkapan CSR Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

[img]
Preview
Text
Artikel Repository.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, biaya lingkungan dan pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan pada perusahaan barang konsumen non primer (consumer cyclicals) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Kinerja keuangan merupakan hal yang kompleks karena menyangkut efektivitas pemanfaatan modal, dan efisiensi dari kegiatan perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan laba perusahaan adalah dengan memprioritaskan pengelolaan lingkungannya, maka semakin baik pengelolaan lingkungan tersebut maka semakin baik kondisi kinerja keuangan perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas sampel perusahaan pada penelitian selanjutnya sehingga dapat menghasilkan hasil penelitian yang lebih baik. Hasil penelitian menyatakan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: kinerja lingkungan, biaya lingkungan, pengungkapan CSR, kinerja keuangan
Subjects: 300 - SOCIAL SCIENCE > 330 - 339 ECONOMICS > 333 - ECONOMICS OF LAND AND ENERGY
Divisions: Lecturer
Depositing User: REZZA ARLINDA SARWENDHI
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:48
Last Modified: 15 Feb 2024 01:48
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/11977

Actions (login required)

View Item View Item