Analisis Kualitas Website Perguruan Tinggi Sebagai Second-Order Construct Menggunakan Pendekatan PLS-SEM

Prasetya, Muhammad Septama and Nurhadi, Mochamad and Puspitaningrum, Ari Cahaya and Arifianti, Clariza and Hudzaifah, Ahmad Habib (2023) Analisis Kualitas Website Perguruan Tinggi Sebagai Second-Order Construct Menggunakan Pendekatan PLS-SEM. Jurnal Teknologi dan Komunikasi, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Turnitin M Septama P.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Penilaian Jurnal M Septama P.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Website perguruan tinggi mengalami penurunan pemeringkatan Webometric, QS World University Ranking dan klasterisasi di tingkat nasional. Peneliti melakukan riset terkait dengan adanya gap pada performa website perguruan tinggi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang membentuk dimensi kualitas website (WebQual) dan pengaruhnya pada kepuasan pengguna dan niat mengunjungi kembali website perguruan tinggi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer yang hasilnya diperoleh dari jawaban responden atas isian kuesioner. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan total 379 responden. Teknik analisis menggunakan Explanatory Factor Analysis (EFA) untuk menentukan faktor pembentuk WebQual dan Partial Least Square dengan Structural Equation Model (PSL-SEM) untuk menguji model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EFA mampu mengelompokkan dari sepuluh variabel menjadi tiga variabel baru pembentuk dimensi WebQual sebagai second-order construct yaitu kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, dan kemanfaatan website. Hasil PLS-SEM menunjukkan bahwa dimensi WebQual memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap niat mengunjungi kembali website perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini bahwa semakin bagus kualitas website perguruan tinggi dapat meningkatkan kepuasan penggunanya. Hal ini memberi dampak pada keinginan pengguna untuk melakukan kunjungan kembali ke website perguruan tinggi di masa yang akan datang.

Item Type: Other
Subjects: 000 - COMPUTER SCIENCE, INFORMATION, GENERAL WORKS > 000 - 009 COMPUTER SCIENCE, INFORMATION, GENERAL WORKS > 004 - COMPUTER SCIENCE
Divisions: Lecturer
Depositing User: MUHAMMAD SEPTAMA PRASETYA
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:47
Last Modified: 23 Aug 2023 06:47
URI: http://eprints.perbanas.ac.id/id/eprint/11370

Actions (login required)

View Item View Item