of 33
40
BAB IV
GAMBARAN SUBYEK PENELITIAN DAN ANALISI
S DATA
4.1
Gambaran Umum PDAM Bondowoso
4.1.1
Visi
dan Misi
Visi
PDAM Bondowoso
menjadikan perusahaan air minum yang sehat,
mandiri dan terbaik dalam pelayanan.
Sedangkan m
isi PDAM Bondowoso
adalah
Meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas demi
kepuasan pelanggan
,
memperluas wilayah cakupan pelayanan
,
menjadikan perusahaan sehat dan
pelayanan prima
,
meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan pegawai
,
memberikan kontribusi pendapatan asli daerah.
4.1.2
Profil
PDAM Kabupaten Bondowoso merupakan
Badan Usaha Milik Pemerintah
Kabupaten Bondowoso yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten
Bondowoso Nomor : 2 Tahun 1993 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air
Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Bondowoso yang telah disempurnakan
dengan Pera
turan Daerah Nomor : 6 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas
Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bondowoso Nomor 2 Tahun 1993
tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II
Bondowoso. Dimana pembetukannya merupakan p
engaliha
n status dari Badan
41
Pen
gelolaan Air Minum (BPAM
), sesuai Surat Keputusan Menteri Pekerjaan
Umum No. 21/KPBS/1998 Tanggal 11 Januari 1989 dan beroperasi tanggal 1
April 1989. PDAM Kabupaten Bondowoso dipimpin oleh Direktur yang dibantu
oleh Kepala Satuan P
engawas Intern, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan
Kepala Unit Pelayanan Kecamatan jumlah pegawai sebanyak 107 orang.
1.
Tujuan dan fungsi perusahaan
Tujuan
Perusahaan
ialah m
engusahakan dan menyelenggarakan pengelolaan
air minum untuk meningkatkan keseja
hteraan masyarakat yang mencakup aspek
sosial, kesejahteraan dan pelayanan umum dengan prinsip ekonomi perusahaan.
Dalam me
laksanakan tugas pokok tersebut
, PDAM Kabupaten Bondowoso
melaksanakan fungsi
-
fungsi
yaitu
pelayanan umum
,
me
nyelenggarakan
pemanfaa
tan umum, memupuk pendapatan daerah.
2.
Sistem Pelayanan
Layanan sambungan baru , pembayaran rekening , pembacaan meter air , dan
penanganan pengaduan dilaksanakan secara cepat dan terpadu.
a.
Layanan pembayaran rekening dilakukan dengan system online secara
nasional, sehingga pelanggan PDAM dimana saja dapat dengan mudah
membayar rekeningnya , baik melalui perbankan , PT Pos Indonesia dan
ratusan pos
-
pos penerima pembayaran rekening dimasyarakat wilayah
Kabupaten Bondowoso mela
lui Payment Point Online Bank (
PPOB
)
b.
Untuk layanan pemberian informasi hasil pembacaan angka meter air
dipergunakan media ponsel/ HP yang terkonek dengan server PDAM